Thursday 9 March 2023

Kapolsek Danurejan Hadiri Memetri Budaya Adat Widi Widono Ruwah Ageng


Kapolsek Danurejan Polresta Yogyakarta Kompol Heribertus Aan Adrianto, S.H hadiri Memetri Budaya Adat Widi Widono Ruwah Ageng pada Selasa (7/3/2033) sore. Kegiatan ini bertepatan dengan tanggal 14 Bulan Ruwah (Jawa) dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan 1442 H sekaligus melestarikan budaya setempat.


Upacara adat ini dilaksanakan sebagai agenda tahunan di Kelurahan Suryatmajan sebagai wujud syukur kehadirat Allah SWT akan segala nikmat dan barokahnya, serta menjadi ajang silaturahmi serta memanjatkan doa bersama demi kesehatan, keselamatan dan kemakmuran masyarakat di Kelurahan Suryatmajan.


Dalam kegiatan ini personil Polsek Danurejan juga melaksanakan pengamanan di penggal penggal jalan yang akan dilalui kirab dan seputar tempat dilangsungkan kegiatan dengan tujuan acara berjalan lancar dan tertib hingga selesai.


Adapun acara dimulai dengan kirab apeman yang dimulai dari Jl. Perwakilan – Jalan Malioboro – Jalan Suryatmajan – Jalan Mataram – selesai di Kantor Kelurahan Suryatmajan. Masyarakat dari 6 kampung se-Kelurahan Suryatmajan masing-masing membawa 3 tambir yang berisi sajian Kolak, Apem dan Ketan 2 tambir dan 1 tambir berisi hasil potensi wilayah diarak menuju ke Kelurahan untuk didoakan bersama.


Arak-arakan dari 6 kampung dipimpin oleh pasukan Bergodo Suryatmaja dari Kelurahan Suryatmajan. Upacara dipimpin oleh pandhega upacara Bregada Suryatmaja Adi Nurwidianto, dengan Manggala Upacara Lurah Suryatmajan Weda Satriya Negara. (Humas Polsek Danurejan)


Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top