Monday 13 March 2023

Pengamanan Giat Festival Pasar Kembang


Personil Polsek Gedongtengen Polresta Yogyakarta mengamankan kegiatan Festival Pasar Kembang, Sabtu, (11/3/2023). Festival ini dalam rangka menaikkan citra positif Kawasan Pasar Kembang ( Sarkem ) yang selama ini melekat dikawasan ini.


Kegiatan diselenggarakan oleh Kelurahan Sosromenduran Kemantren Gedongtengen Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta. Dihadiri oleh sejumlah pejabat dan ribuan warga gedongtengen dan sekitarnya.


Kegiatan festival dimeriahkan dengan Kirab Apem yang merupakan tradisi warga Sosromendura jelang Ramadhan. Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan Festival Budaya yang berpusat di perempatan Jalan Malioboro dan Jalan Pasar Kembang.


Adapun tujuan penyelenggaraan Festival Sarkem semata-mata adalah untuk mempromosikan potensi wisata kawasan Pasar Kembang dan sekitarnya.


Kegiatan Festival Sarkemm 2023 ini berlangsung selama 2 hari mulai pukul 15.00 hingga 21.00 WIB. Selain Tradisi Ruwahan, Festival Sarkem 2023, juga dimeriahkan Parade Sarkem Kemilau yang ditandai dengan Kirab kue Apem dengan start/finish di Kantor Kelurahan Sosromenduran Kemantren Gedongtengen Yogyakarta.


Selesai dikirab ratusan kue Apem tersebut kemudian dibagikan kepada masyarakat dan wisatawan di sepanjang jalur Kirab. Persembahan Apem ini sebagai simbol silaturahmi dan permohonan maaf, agar setiap orang bisa lebih siap dalam menjalankan ibadah Ramadhan.


Kirab tersebut diikuti sekitar 250 orang, yang terdiri dari Bergodo, staff Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta, warga kampung Sosromenduran, pelajar dan warga lainnya. Usai kirab, para pengunjung dan wisatawan dapat berbelanja di arena bazar industri kreatif, menikmati berbagai pertunjukan seni, pertunjukan musik, orkestra, photo booth dan mencicipi menu-menu lezat di beberapa kuliner tersebut. (Humas Polsek Gedongtengen)


Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top