Kapolresta Yogyakarta Jadi Inspektur Upacara HUT Satpam ke-38 di Balai Kota Yogyakarta


Yogyakarta- Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Armaini, S.IK bertindak sebagai Inspektur Upacara di Balai Kota Yogyakarta dalam peringatan HUT Satpam ke-38 tahun 2018, Minggu (30/12/2018).

Upacara yang diikuti oleh seluruh petugas Satpam se-Kota Yogyakarta ini digelar bertajuk pemuliaan Profesi satpam Indonesia guna mendukung Polri dalam pengamanan pemilu 2019.

Dalam kesempatan tersebut Kapolresta Yogyakarta menyampaikan amanat Kapolri Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D.

Dinamika lingkungan strategis pada tataran global dan regional senantiasa memberikan dampak terhadap kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Di satu sisi, kemajuan teknologi dan kemudahan informasi merupakan potensi besar bagi bangsa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun di sisi lain, fenomena ini justru melahirkan berbagai potensi gangguan dan kejahatan berdimensi baru yang berimplikasi terhadap kompleksitas tugas dan tanggung jawab Polri.

Dalam menghadapi kompleksitas tantangan tersebut, Polri memerlukan dukungan dan peran aktif dari seluruh komponen masyarakat, termasuk Satuan Pengamanan sebagai profesi yang luhur dalam mengemban tugas dan fungsi kepolisiansecara terbatas pada lingkungan kerjanya. Sehubungan dengan konteks tersebut, peringatan Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan tahun 2018 ini mengangkat tema ”Pemuliaan Profesi Satpam Indonesia guna Mendukung Polri dalam Pengamanan Pemilu Tahun 2019”.

Sehubungan dengan hal tersebut, kehadiran Satpam sebagai mitra Polri dalam upaya pemeliharaan Kamtibmas, dituntut semakin profesional. Dalam implementasinya, personel Satuan Pengamanan harus mampu mendeteksi setiap potensi kerawanan, melakukan tindakan pertama dan pencegahan dengan tepat, serta melaporkannya kepada pihak kepolisian untuk segera dilakukan langkah-langkah antisipasi.

Dengan demikian, eksistensi Satpam dapat semakin memberikan kontribusi nyata untuk mewujudkan keamanan di lingkungan tugasnya masing-masing. Untuk mewujudkan postur Satpam yang semakin unggul dan profesional, maka diperlukan sistem manajemen sumber daya manusia yang optimal, di antaranya proses perekrutan yang selektif, serta peningkatan kapasitas yang berkualitas, baik pada kualifikasi Gada Pratama, Gada Madya, maupun Gada Utama.

"Dalam kesempatan yang baik ini, selaku pimpinan Polri,saya mengucapkan terima kasih dan menyampaikan penghargaan kepada seluruh komunitas security, personel Satuan Pengamanan, pimpinan Badan Usaha Jasa Pengamanan dan Asosiasi Badan Usaha Jasa Pengamanan, serta segenap stakeholders terkait lainnya, atas dukungankepada institusi Polri dalam menjaga stabilitas Kamtibmas yang kondusif. Semoga kerja sama ini, dapat senantiasa terpelihara dengan baik dan terus ditingkatkan." pungkas Kapolresta Yogyakarta

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel