Polsek Wirobrajan Gelar Penyuluhan Etika Berlalu Lintas di SD Tamansari



Wirobrajan- Unitbinmas Polsek Wirobrajan melaksanakan penyuluhan kepada para siswa SD N Tamansari Jalan Kapten Tendean, Wirobrajan, Yogyakarta pada Selasa (11/12/2018).

Penyuluhan dengan tema Etika Berlalu Lintas dipandu oleh Panit 1 Binmas Polsek Wirobrajan Iptu Wasno, Panit 2 Binmas Ipda Sukamta dan staf Binmas Bripka Suryadi.

Dalam kesempatan tersebut petugas menyampaikan akan pentingnya tertib berlalu lintas karena hal tersebut mempengaruhi keselamatan saat berkendara di jalan.

"Apabila seseorang melanggar lalu lintas dan tidak tertib bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas dan merugikan diri sendiri maupun orang lain" jelas Iptu Wasno.

Penyampaian interaktif dan penayangan tentang lalu lintas meliputi rambu-rambu lalu lintas dan edukasi berlalu lintas membuat para pelajar lebih mudah menyimak bahasan materi yang disampaikan secara audio visual. Selain itu petugas juga memperlihatkan contoh contoh petugas Polantas memberikan cara mengatur lalu lintas.

Petugas juga menyampaikan bahwaannya anak-anak tidak boleh mengendarai sepeda motor sebelum berusia 17 tahun dan sudah memiliki SIM (Surat Ijin Mengemudi).

"Pengendara wajib punya SIM dan mampu mengemudi dengan baik. Sebab, sekitar 50 persen kecelakaan dialami oleh anak anak usia remaja di bawah umur yang tidak memiliki SIM,"Iptu Wasno seraya mengingatkan untuk selalu berhati-hati di jalan dan tak lupa berdoa sebelum bepergian kemanapun.

Sementara menurut Ipda Sukamta, edukasi mengenai etika berlalu lintas sangat penting diberikan kepada anak sejak dini termasuk kepada pelajar. Tidak hanya orang dewasa, sejak kecil anak juga harus tahu apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat berlalu lintas sehingga bisa tertanam sampai ia besar nanti.

Karena itulah, kata Ipda Sukamta pihaknya dan anggotanya aktif memberikan edukasi mengenai lalu lintas kepada para pelajar di wilayah Kecamatan Wirobrajan agar sejak dini para pelajar lebih mengetahui etika dalam berlalu lintas yang nantinya menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel