Tuesday 20 June 2023

Kapolsek Mantrijeron Dan Para Ketua Kampung Bahas Peran Polisi RW Dalam Kegiatan Persamaan Persepsi


Kapolsek Mantrijeron Polresta Yogyakarta, Kompol Rapiqoh, S.H, MH., didampingi oleh Kanit Binmas AKP Pujiman, Panit 2 Binmas Aiptu Edi Sudibyo, dan para Bhabinkamtibmas, melaksanakan kegiatan Persamaan Persepsi Polisi RW yang bertugas di wilayah Polsek Mantrijeron. Kegiatan ini dilangsungkan di Aula Polsek Mantrijeron pada Selasa, 20 Juni 2023, sore.

Hadir dalam kegiatan tersebut Babinsa Koramil Mantrijeron, para ketua kampung wilayah kemantren Mantrijeron sebanyak dua belas orang, serta Polisi RW wilayah kemantren Mantrijeron yang berjumlah dua belas personel dari Sat Narkoba dan Sat Reskrim Polresta Yogyakarta.

Dalam sambutannya, Kapolsek Mantrijeron menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada para ketua kampung wilayah kemantren Mantrijeron yang telah hadir dalam kegiatan sore ini.

Polisi RW merupakan program dari Polri yang bertujuan untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, dengan fokus pada pemantauan situasi Kamtibmas di masyarakat dan berkoordinasi dengan ketua kampung dan Bhabinkamtibmas untuk mendeteksi kemungkinan adanya permasalahan. Jika terdapat permasalahan, keterlibatan polisi RW diharapkan dalam proses penyelesaiannya.

"Kami persilahkan para ketua kampung untuk berkomunikasi dengan polisi RW dan Bhabinkamtibmas apabila ada permasalahan di masyarakat," ungkap Kapolsek.

Dalam menjalankan tugasnya, polisi RW diintruksikan minimal satu kali dalam seminggu mengunjungi kampung binaannya guna melaksanakan tugas sebagai Polisi RW.

Salah satu tanggapan positif datang dari ketua kampung Jageran, yang menyampaikan rasa terima kasih dan kegembiraan atas kehadiran polisi RW. Menurutnya, kehadiran polisi RW semakin memantapkan penyelesaian masalah di masyarakat, dan polisi RW telah berkoordinasi dengan baik. Ia juga menekankan pentingnya kolaborasi antara polisi RW dan Bhabinkamtibmas dalam mengatasi permasalahan, terutama menjelang Pemilu. Untuk wilayahnya, ia juga sudah berkoordinasi dengan Bawaslu agar terhindar dari gesekan yang mungkin terjadi.

Sementara itu, ketua kampung Suryowijayan juga mengajukan pertanyaan terkait perbedaan tugas antara polisi RW dan Bhabinkamtibmas. Kapolsek menjelaskan bahwa tugas polisi RW tidak melekat seperti Bhabinkamtibmas, namun tetap dapat berkoordinasi dengan baik jika terdapat permasalahan yang membutuhkan keterlibatan Bhabinkamtibmas untuk menyelesaikannya. Kapolsek juga menekankan pentingnya saling menghormati dan menghargai dalam pelaksanaan tugas agar tercapai kelancaran dalam mengatasi semua permasalahan.

Selesai sesi tanya jawab, selanjutnya para polisi RW saling berkoordinasi dengan ketua kampung masing-masing untuk membahas Peran, tugas dan Kolaborasi Polisi RW serta menyamakan persepsi dalam melaksanakan tugas. (Humas Polsek Mantrijeron)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top