Thursday 29 June 2023

Pengamanan Shalat Idul Adha 1444 H Presiden Jokowi Bersama Masyarakat Di Gedung Agung Yogyakarta


Personil Polresta Yogyakarta dibantu TNI dan instansi lainnya, melaksanakan pengamanan Shalat Idul Adha 1444 H di halaman depan Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta pada Kamis, 29 Juni 2023. Pengamanan sholat Id ini langsung dipimpin oleh Kapolresta Yogyakarta Kombes pol Saiful Anwar, S.Sos, SIK, MH.

Kasihumas AKP Timbul Sasana Raharja, SH, MH, mewakili Kapolresta Yogyakarta, menjelaskan bahwa pelaksanaan Shalat Id di kota Yogyakarta berlangsung selama dua hari, yakni tanggal 28 dan 29 Juni 2023. "Namun, hari  ini Shalat Id sangat istimewa karena di Istana Gedung Agung ini hadir Pak Presiden kita, Bapak Joko Widodo, untuk mendampingi masyarakat Kota Yogyakarta dalam melaksanakan Shalat Id," ujarnya.

"Pengamanan Shalat Idul Adha ini diperketat agar Presiden Jokowi beserta masyarakat Kota Yogyakarta merasa aman dan khusyuk dalam shalatnya," jelas Kasihumas.

Presiden Jokowi melaksanakan Shalat Id di Gedung Agung dengan khidmat bersama ribuan warga masyarakat. Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, dan beberapa pejabat Pemda, TNI, dan Polri juga hadir.

Dalam Shalat Idul Adha, Drs. Jauhar Mustofa, M.Si menjadi Imam dan khotib dengan tema khotbah "Semangat Berkurban dan Ketaatan Nabi Ismail AS". Dalam khotbahnya, dia mengingatkan umat Muslim bahwa tanggal 10 Zulhijjah 1444H adalah kesempatan untuk melaksanakan Shalat Idul Adha dan mengajak semua orang untuk bersyukur dan bertaqwa agar Allah SWT memberikan nikmat-Nya.

Khatib menekankan bahwa Hari Raya Idul Adha adalah momen keberkahan, di mana jutaan umat Muslim melaksanakan ketaatan dalam ibadah haji di tanah suci. Dia mengatakan bahwa umat Muslim terus melantunkan takbir sebagai respons terhadap panggilan Allah di tanah suci, dan para jamaah haji menjawab panggilan Allah dengan iman dan khusyuk.

Khatib menjelaskan bahwa para jamaah haji di Tanah Suci menjadi tamu Allah SWT dan menduduki tempat yang mulia. Dia juga menyoroti bahwa haji yang diterima dengan baik tidak hanya mendapatkan pahala surga, tetapi juga di luar Tanah Suci, umat Muslim melaksanakan Shalat Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban. Selain itu, ia mengingatkan bahwa esok hari akan merayakan Hari Tasyrik sebagai tanda ketakwaan kepada Allah SWT.

Khatib mengajak umat Muslim Indonesia untuk memanfaatkan momentum ini dengan baik, melakukan upaya, berdoa, dan melaksanakan ibadah dengan baik. Dia mengajak semua orang untuk bersyukur karena telah melewati ujian pandemi Covid-19 sejak tahun 2020 dengan tabah. (Humas Polresta Yogyakarta)
 

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top