Thursday 1 June 2023

Kapolresta Yogyakarta Sebagi Irup Dalam Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 2023


Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada tanggal 1 Juni, Polresta Yogyakarta menggelar Upacara Bendera di halaman Mapolresta Yogyakarta pada hari Kamis, 1 Juni 2023 pagi.

Sebagai Inspektur Upacara adalah Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Saiful Anwar, S.Sos., S.I.K., M.H., dan diikuti oleh seluruh para PJU (Pejabat Utama), Perwira, Bintara, Tamtama dan ASN (Aparatur Sipil Negara).

Dalam amanatnya, Kapolresta Yogyakarta membacakan amanat dari Gubernur DIY yang menyampaikan bahwa inti peringatan Hari Kelahiran Pancasila tahun 2023 adalah "Aktualisasi Pancasila, Energi Pertumbuhan Indonesia". Artinya, aktualisasi Pancasila tidak akan menjadi nyata jika hanya dianggap sebagai mitos tanpa adanya model praktis dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh masyarakat.

Dengan menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang praktis, setiap perbedaan dapat diselesaikan secara damai dan bermartabat, karena Pancasila memiliki landasan nilai-nilai yang berdasarkan prinsip musyawarah dan mufakat. Hal ini tidak hanya berlaku untuk bangsa Indonesia, tetapi juga penting untuk perdamaian dunia, sejalan dengan tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

Dengan dukungan penyelenggara negara yang bekerja cerdas dan adil, pendidik dan pelajar yang berdedikasi dan cerdas berdasarkan keilmuan, rohaniawan yang mengamalkan kesalehan ritual dan kesalehan publik, wirausahawan yang inovatif, dan warga yang kreatif, keberadaan Pancasila akan tercermin dalam setiap aspek kehidupan. Pancasila bukan hanya sekadar retorika, tetapi harus menjadi praktek nyata yang meneruskan tekad mulia: Pancasila dalam tindakan.

Terakhir, diharapkan agar Tuhan Yang Maha Kuasa melimpahkan berkah dan rahmat-Nya, sehingga bangsa dan negara ini terhindar dari degradasi nilai-nilai Pancasila sebagai penyatuan bangsa.

Setelah upacara selesai, Kapolresta Yogyakarta memberikan penghargaan kepada 14 personil yang telah berprestasi dalam melaksanakan tugas di wilayah hukum Polresta Yogyakarta.

Diharapkan bahwa pemberian penghargaan ini akan menjadi motivasi bagi para penerima penghargaan untuk terus meningkatkan kualitas kerjanya dan juga menjadi contoh bagi rekan-rekan mereka yang lain untuk bekerja dengan maksimal pada bidang masing-masing. (Humas Polresta Yogyakarta)
 

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top