Akta Kelahiran Gratis Untuk Warga Kelurahan Notoprajan


Membantu tugas polisi melayani masyarakat, Bhayangkari Cabang Kota Yogyakarta kembali mengadakan kegiatan bhakti sosial. Dalam rangka peringatan Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB) ke-65, kali ini Bhayangkari Cabang Kota Yogyakarta memberikan akta kelahiran secara gratis untuk warga masyarakat.

Ketua Bhayangkari cabang Kota Yogyakarta, ibu Hany Wibisono mengatakan bahwa selain untuk memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari ke-65, kegiatan ini juga merupakan wujud kepedulian Bhayangkari terhadap hak sipil warga yang belum mempunyai akta kelahiran, khususnya di wilayah Notoprajan.

"Ketua Umum Bhayangkari Indonesia menghimbau untuk meningkatkan kepedulian terhadap hak sipil warga. Untuk itu, kami melakukan pembuatan akta kelahiran gratis bagi warga yang kurang mampu, seperti yang sudah kami lakukan kepada warga Notoprajan saat ini," katanya, Kamis (12/10/2017).

Untuk melaksanakan program tersebut, Bhayangkari telah bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Yogyakarta beserta pihak Kelurahan Notoprajan untuk membuatkan akta kelahiran tersebut.

Puluhan akta kelahiran dibagikan pada Kamis (12/10/17) sore di Kantor Kelurahan Notoprajan.

"Sesuai dengan data yang diperoleh, kami buatkan 21 akta kelahiran gratis dan dibagikan hari ini kepada warga," jelasnya.

Sementara itu, Paitem (75), seorang warga yang menerima akta kelahiran gratis dari Bhayangkari Cabang Kota Yogyakarta ini merasa senang dengan akta baru yang dimiliknya sekarang. Menurutnya, ia belum memiliki akta kelahiran sejak dulu, untuk itu Paitem ikut mendaftar pembuatan akta gratis tersebut.

"Senang sekali bisa dapat akta kelahiran gratis ini, karena saya sebelumnya belum punya," ucapnya.