Pengamanan Gerebeg Pasar 2017di Kota Yogyakarta


Grebeg kirab pedagang pasar tradisional Kota Yogyakarta 2017 yang diikuti oleh 1500 orang digelar pada Kamis (05/10/2017). Adapun prosesi garebeg pasar tradisional kota Yogyakarta semua kontingen berkumpul di sebelah selatan pasar Beringharjo jalan Pabringan.

Kapolsek Kraton Kompol Etty Haryanti, S.IKom hadir langsung dalam pagelaran tersebut dan beberapa tokoh juga hadir antara lain Drs. Maryustion Tonang, MM (Kepala Disperendag Kota), Walikota Yogyakarta, Camat kraton dan Danramil kraton.

Rute yang dilalui ialah start dari kantor Disperindag kota yogyakarta - jalan Ahmad Yani - jalan KH Ahmad Dahlan - jalan Nyi Ahmad Dahlan - jalan Ngasem - dan finish depan pasar ngasem. 

Kemudian oleh Kepala Dinas Perindustrian dan perdagangan Kota Yogyakarta memberikan sambutan sekaligus melepas peserta dengan ditandai dengan pelepasan burung merpati. 

Diikuti kontingen sebanyak 33 dan setiap peserta membawa gunungan. Setelah kontingen tiba di tempat finish depan pasar Ngasem Kraton yka diterima oleh Walikota Yogyakarta. Setelah peserta semua sudah sampai finish kemudian Walikota mengomando rayahan di panggung kehormatan ditandai dengan pemukulan bende dan setelah bende dipukul maka semua gunungan diperebutkan oleh masyarakat 

Tujuan diselenggarakan kegiatan tersebut untuk mempromosikan pasar tradisional sekaligus untuk promosi wisata agar wisatawan datang untuk menyaksikan acara tersebut.