Gara-gara Bakar Sampah, Sebuah Rumah Nyaris Terbakar


Kebakaran terjadi di kompleks kediaman kerabat Kraton Yogyakarta. Api membakar bagian atap pada rumah alm KBPH Hadiwijoyo di nDalem Notoprajan no 830, Kecamatan Ngampilan pada Kamis (19/10/2017) siang. Beruntung api bisa segera dipadamkan dan tak sampai membesar. Meski begitu, bagian atap joglo di kompleks kediaman alm KBPH Hadiwijoyo tersebut.

Kapolsek Ngampilan, Kompol Kusilah SH MSN menceritakan, peristiwa kebakaran terjadi sekitar jam 12.45 WIB. Bermula ketika salah seorang warga, Saminem (76) warga Notoprajan, Kecamatan Ngampilan sedang membakar sampah di luar rumah. Saat api mulai membesar, Saminem lalu masuk ke dalam rumah.

"Saminem ini biasanya memang membakar sampah di lokasi tersebut usai bersih-bersih. Tapi biasanya ibu Saminem itu kalau sedang membakar sampah ditungguin, tetapi kok ini tidak," jelasnya, Kamis Sore. Tanpa diduga, saat ditinggal masuk ke dalam rumah tersebut, api terus membesar dan terbawa angin. Api lantas merembet ke bagian atap joglo dan mulai berkobar.

"Melihat kondisi atap sudah mulai terbakar, saksi Ariyanto (37) yang merupakan abdi dalem berusaha memadamkan api dengan alat seadanya sambil menunggu kedatangan pemadam kebakaran," tandasnya. Beruntung upaya pemadaman yang dilakukan berhasil sehingga api tak merembet ke bagian lainnya. Ia memaparkan, tidak ada korban pada kejadian tersebut. Meski begitu, bagian atap joglo mengalami kerusakan setelah sempat terbakar.

"Jika tidak cepat dipadamkan, mungkin api akan dengan cepat merembet dan membesar," ucap dia.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel