Sunday 22 October 2023

Pengamanan Dan Pengawalan Karnaval Bakpia Day 2023


Kapolsek Ngampilan Polresta Yogyakarta Kompol Imam Sapingi, S.H. memimpin pengamanan dan pengawalan karnaval Bakpia Day 2023 pada Sabtu, 21 Oktober 2023.

Acara yang start dan finish di eks Pabrik Tegel Kunci, Jalan KS Tubun, Yogyakarta ini diikuti oleh komunitas pengusaha bakpia bersama masyarakat Ngampilan Kota Yogyakarta.

Dalam festival ini, ribuan bakpia disusun menjadi dua buah gunungan, yaitu gunungan bakpia lanang dan wadon. Dua gunungan ini lantas diarak keliling dan diperebutkan di lokasi finish, yaitu di eks Pabrik Tegel Kunci

Ketua panitia acara, Kusmantoro, mengatakan bahwa Bakpia Day merupakan wujud rasa syukur para pengusaha bakpia yang ada di Kelurahan Ngampilan.

"Sesuai temanya, manunggal jati sebagai bentuk bersatunya antara Jawa dengan Tionghoa, sedangkan kawelasan gusti dapat diartikan sebagai doa untuk memohon belas kasih atau berkah rejeki dari Tuhan," jelas Kusmantoro.

Acara ini diikuti oleh sebanyak 12 Rukun Warga (RW) di wilayah Kelurahan Ngampilan dengan total 500 peserta. Selain menampilkan produk unggulan wilayah tersebut berupa bakpia, acara ini juga menampilkan atraksi budaya.

Rute karnaval ini dimulai dari Jalan KS Tubun, dilanjutkan ke Jalan Letjen Suprapto, dan Jalan KH. Ahmad Dahlan hingga kembali lagi ke Jalan KS Tubun. Selama perjalanan, bakpia tersebut juga dibagikan ke pengguna jalan.

Kusmantoro berharap Bakpia Day dapat menjadi salah satu upaya dalam rangka pembangunan ekonomi dan pariwisata berbasis kuliner di wilayah Ngampilan.

"Dan juga dapat membangkitkan semangat kebersamaan dalam keragaman untuk membawa perubahan yang lebih baik dari sisi sosial, perekonomian, dan kesejahteraan masyarakat," tandasnya.

Mewakili Penjabat Wali Kota Yogya, Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Yogya, Tri Karyadi Riyanto Raharjo, sangat mengapresiasi acara tersebut.

Menurutnya, Bakpia Day merupakan bentuk adanya dukungan dan peran nyata segenap masyarakat, dalam mengupayakan pelestarian budaya dan tradisi.

"Ini acara yang sangat luarbiasa, para perajin bakpia yang sebagian besar merupakan UKM mampu berkolaborasi dengan pengusaha bakpia untuk sama-sama terus mempromosikan oleh-oleh khas Kota Yogya tersebut," ungkapnya.

Selama acara berlangsung situasi aman dan terkendali. (Humas Polsek Ngampilan)
 

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top