Friday 20 October 2023

TMMD Sengkuyung Tahap III di Kota Yogyakarta Resmi Ditutup


Kapolresta Yogyakarta diwakili Kabag Ren Kompol Suwardi menghadiri upacara penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap III atau ke-118 tahun 2023 di Kota Yogyakarta pada Kamis (19/10/23) di Lapangan Balai Kota Yogyakarta.

Upacara penutupan ditandai dengan penyerahan alat-alat pembangunan dan pemukulan gong oleh Komandan Kodim 0734 Kota Yogyakarta Letkol Arh Burhan Fajari Arfian. Selain itu juga dilakukan penandatanganan berita acara serah terima dan prasasti hasil kegiatan TMMD tahap III tahun 2023 Kota Yogyakarta.

Pemerintah Kota Yogyakarta mengapresiasi kepada TNI, seluruh pihak, dan masyarakat yang bersama-sama menyelesaikan kegiatan TMMD di Kota Yogyakarta.

"Kami memberikan apresiasi yang luar biasa kepada Kodim dan seluruh komponen pendukung TNI/Polri dan masyarakat terutama di Kemantren Jetis dan menwa yang juga berperan," kata Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Yogyakarta, Wirawan Haryo Yudho.

Pihaknya berharap masyarakat dapat memanfaatkan dan memelihara hasil kegiatan TMMD tersebut. Menurutnya kegiatan itu juga menjadi bagian penyemangat bagi masyarakat dan seluruh pihak untuk terus melanjutkan kegiatan TMMD di wilayah Kota Yogyakarta.

"Ini menjadi bagian dari semangat kepada masyarakat untuk senantiasa membangun wilayahnya," ujarnya.

Pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap III tahun 2023 berlangsung selama 30 hari mulai tanggal 20 September hingga 19 Oktober 2023. Kegiatan TMMD itu dilakukan di wilayah Kelurahan Cokrodiningratan, Gowongan, Bumijo di Kemantren Jetis.

Kegiatan TMMD meliputi fisik dan nonfisik yang melibatkan personel TNI dari Kodim 0734 Yogyakarta, Polresta Yogyakarta, Pemkot Yogyakarta, masyarakat di Jetis, dan menwa.

Adapun kegiatan fisik TMMD Sengkuyung Tahap III tahun 2023 berupa pembangunan talud permukiman dengan panjang 13,3 meter, tinggi 4,5 meter, dan lebar 1,25 meter. Termasuk rehabilitasi balai terbuka publik dan 10 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Sementara itu, Komandan Kodim 0734 Kota Yogyakarta Letkol Arh Burhan Fajari Arfian mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Yogyakarta, Polresta Yogyakarta, masyarakat, dan Baznas yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan TMMD itu.

"Yang menjadi penting adalah ada sasaran tambahan atau over prestasi berupa penambahan di sekitar talud dengan pembangunan paving. Pada rumah tidak layak huni, kita tidak hanya merenovasi rumah. Tapi juga berkat bantuan Baznas termasuk isi rumah juga bisa terpenuhi, semoga bisa bermanfaat untuk masyarakat," tuturnya.

Sedangkan kegiatan nonfisik antara lain sosialisasi narkoba dan penyakit masyarakat, sosialisasi stunting dan pola hidup bersih dan sehat, serta bela negara dan pengawasan kebangsaan. Kegiatan TMMD Sengkuyung tahap III tahun 2023 menggunakan total dana sekitar Rp 524 juta dari APBD Kota Yogyakarta, APBD DIY, dan Baznas Kota Yogyakarta.

'Yang terpenting dari TMMD ini adalah budaya gotong royong bisa terjaga dan selalu berkembang di masyarakat," ucapnya. (Humas Polresta Yogyakarta)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top