Monday 2 October 2023

Kapolresta Yogyakarta Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila


Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Saiful Anwar, S.Sos., S.I.K., M.H., memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2023, di halaman Mapolresta Yogyakarta, Minggu (1/10/2023) pagi.

Upacar peringatan yang mengambil tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju” ini diikuti oleh para PJU, Perwira, Kapolsek jajaran, seluruh anggota dan ASN Polresta Yogyakarta. Upacara dimulai pukul 07.30 WIB berjalan dengan penuh hikmat.

Kapolresta Yogyakarta menyampaikan bahwa peringatan Hari Kesaktian Pancasila bertujuan untuk memperingati peristiwa sejarah yang penting, yaitu peristiwa Gerakan 30 September/PKI (G30S/PKI). Peristiwa tersebut merupakan upaya makar untuk menggulingkan pemerintahan yang sah dan menggantinya dengan ideologi komunis.

Kapolresta juga mengingatkan akan pentingnya Pancasila sebagai ideologi negara, serta memupuk semangat persatuan dan kesatuan di Indonesia. Pancasila merupakan dasar negara yang telah disepakati oleh seluruh bangsa Indonesia, sehingga penting untuk dijaga dan dilestarikan.

“Upacara ini juga menjadi momen untuk mengenang para pahlawan yang gugur dalam peristiwa yang terjadi pada tahun 1965. Serta mengukuhkan komitmen bangsa Indonesia terhadap ideologi Pancasila,” terangnya.

Kapolresta pun berharap, seluruh personel Polresta Yogyakarta dapat menanamkan makna upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila dengan terus berupaya menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

“Melalui upacara ini kita dapat belajar tentang sejarah Indonesia, perjuangan para pahlawan dan nilai-nilai Pancasila yang menjadi pondasi negara kita,” pungkasnya.

Pada kesempatan upacara tersebut, Kapolresta Yogyakarta juga memberikan penghargaan/reward kepada personel Satreskrim Polresta Yogyakarta yang telah berhasil mengungkap kasus tindak pidana perdagangan orang (TPPO) dan eksploitasi seksual terhadap anak.

Kapolresta berharap penghargaan/reward dapat menjadi motivasi bagi seluruh personel Polresta Yogyakarta untuk terus meningkatkan kinerjanya dalam mengungkap kasus-kasus kejahatan yang meresahkan masyarakat. (Humas Polresta Yogyakarta)
 

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top