Thursday 17 August 2023

HUT RI Ke-78 : Upacara Apel Kehormatan Dan Renungan Suci Di TMPN Kusumanegara Yogyakarta


Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-78, digelar Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kusumanegara, Yogyakarta pada hari Kamis, 17 Agustus 2023, pukul 00.00 WIB.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian Peringatan HUT RI ke-78 Proklamasi Kemerdekaan Indonesia di DIY, dengan Inspektur Upacara Kepala Kejaksaan Tinggi DIY, Ponco Hartanto, S.H., M.H. Acara dipimpin oleh komandan upacara Mayor Laut (PM) Siswanto, S.H., M.Hd., serta perwira upacara Kapten Laut (P) Hasto Narimo. Pasukan upacara terdiri dari unsur TNI, Polri, FKBN, ASN, STTKD, Pramuka Kwarda DIY, dan pelajar SMA N 7 Yogyakarta.

Pelaksanaan apel berlangsung dengan khidmat, dimulai dengan pembacaan tanda kehormatan dan renungan suci oleh Inspektur Upacara, diikuti oleh pengheningan cipta dan penyalaan obor.

Di TMP Kusumanegara, hingga saat ini telah terkubur 7 pahlawan nasional, antara lain Jenderal Besar TNI (Anumerta) Raden Soedirman, Letjen TNI Oerip Soemohardjo, Brigjen TNI (Anumerta) Katamso Darmokusumo, Supeno, Irjen (Pol) F.X. Sumardi, Mayjen TNI Soegiarto, dan Soetardjo Soerjogoeritno.

Tempat ini juga menjadi peristirahatan terakhir bagi pahlawan-pahlawan lainnya, termasuk 1.065 makam dari TNI AD, 156 makam dari TNI AU, 56 makam dari TNI AL, serta 79 makam dari Polri. Selain itu, terdapat 404 makam pejuang yang identitasnya tercatat, serta sembilan warga sipil. Selain itu, terdapat 131 makam pejuang yang identitasnya tidak tercatat.

Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini rutin diadakan setiap tanggal 17 Agustus, pukul 00:00 WIB, sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa-jasa pahlawan yang tulus berjuang dan berkorban dalam tugas untuk Negara Kesatuan Republik Indonesia. (Humas Polresta Yogyakarta)
 

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top