Thursday 17 August 2023

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 di Yogyakarta Berlangsung Khidmat


Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Saiful Anwar, S.Sos., S.I.K., M.H. menghadiri Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78 tahun 2023 di halaman Istana Kepresidenan Gedung Agung Yogyakarta, Kamis, 17 Agustus 2023, pagi.

Upacara tersebut dipimpin oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X, dengan Komandan Upacara Dandim 0731/KP Letkol Arh Viki Herwandi, S.Sos. Peserta upacara terdiri dari TNI, Polri, PNS, Komcad Bela Negara DIY, FKBN DIY, mahasiswa DIY, pelajar, dan Pramuka. Upacara juga dihadiri Wakil Gubernur KGPAA Paku Alam X dan forkopimda di lingkungan Pemda DIY.

Upacara dimulai dengan pembacaan teks Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia oleh Ketua DPRD DIY, Nuryadi. Kemudian, para peserta upacara dan tamu undangan mengheningkan cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara Sri Sultan HB X. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan pembacaan doa.

Suasana upacara semakin khidmat saat pasukan pengibar bendera sang merah putih memasuki lapangan upacara. Pasukan pengibar bendera yang berasal dari siswa SMA berprestasi se-DIY itu tampil mengesankan sejak masuk lapangan hingga mengibarkan bendera merah putih.

Usai pengibaran bendera merah putih selesai, acara dilanjutkan dengan persembahan aubade atau lagu-lagu perjuangan dan daerah yang dinyanyikan kelompok paduan suara gabungan pelajar dari SMP dan SMA di DIY. Acara ditutup dengan tepuk tangan tamu undangan.

Acara ini merupakan wujud rasa syukur dan kebanggaan atas kemerdekaan Indonesia yang telah diraih dengan perjuangan yang panjang dan penuh pengorbanan.

Selama berlangsungnya Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-78, personil Polresta Yogyakarta dibantu oleh instansi lain melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman dan tertib. (Humas Polresta Yogyakarta)
 

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top