Tuesday 25 July 2023

Pelatihan Patroli Keamanan Sekolah Di SD Muh Demangan


Bhabinkamtibmas Kelurahan Demangan Aiptu Ratnanto bersama personil Unit Lalulintas Polsek Gondokusuman Aiptu Suparna dan Aiptu Nurkholis melatih giat Patroli keamanan sekolah (PKS) di SD Muh Demangan, Gondokusuman, kota Yogyakarta, Senin, 24 Juli 2023, pagi.

Kegiatan tersebut berpedoman pada Undang undang No 2 Th 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia, Undang undang No 22 Th 2009 tentang Lalu lintas dan angkutan jalan.

Materi yang disajikan dalam pelatihan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) ini meliputi baris berbaris tata cara berlalu lintas, Patroli Keamanan Sekolah dan 12 gerakan lalu lintas.

Pada kesempatan tersebut Aiptu Suparna menyampaikan tentang pengertian dan tugas pokok PKS, yaitu tugas PKS adalah mengatur lalu lintas di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah, terutama pada saat menyeberangkan siswa-siswi yang akan menuju ke sekolah maupun yang akan meninggalkan sekolah.

Walaupun PKS bertugas untuk teman-teman sesekolahnya, dibenarkan juga kalau mereka melaksanakan tugasnya terhadap pemakai jalan lain, seperti menyeberangkan siswa-siswi dari sekolah lain, orang lanjut usia atau siapa saja yang berada di tempat itu yang memerlukan pertolongan.Bahkan anggota PKS pun bisa membantu tugas para Polisi yang ada di jalan.

Dengan pelatihan PKS ini diharapkan kepada para pelajar tertanam rasa disiplin sejak dini, dengan cara berperan aktif dalam menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan sekolah.

Selain itu, bagi pelajar yang terpilih sebagai anggota PKS, dapat menjadi pelopor dalam berlalulintas serta mampu menjadi mitra yang mendukung tugas Kepolisian, khususnya dalam melaksanakan kegiatan Patroli Keamanan Sekolah di lingkungan sekolah mereka.

Selain memberikan pelatihan tentang tugas - tugas PKS, Aiptu Suparna juga menyampaikan bahwa para siswa dilarang mengendarai sepeda motor kalau belum cukup umur dan belum memiliki SIM, ini sesuai dengan UU Lalu Lintas No. 22 Tahun 2009.

Selesai diberikan arahan, selanjutnya para siswa dilatih baris berbaris tata cara berlalu lintas, Patroli Keamanan Sekolah dan 12 gerakan lalu lintas. Dengan harapan para siswa dapat menjadi agen keselamatan berlalu lintas dan dapat membantu menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan sekolah. (Humas Polsek Gondokusuman)
 

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top