Thursday 20 July 2023

Ratusan Polisi Mengamankan Ritual Mubeng Beteng Keraton Yogyakarta Pada Malam 1 Suro


Ratusan personil Polresta Yogyakarta dipimpin langsung oleh Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Saiful Anwar, S.Sos., S.I.K., M.H. melaksanakan pengamanan kegiatan Peringatan 1 Suro berupa Mubeng Beteng Yogyakarta, Rabu malam, (19/7/2023). Dalam pengamanan ini personil ditempatkan di setiap penggal penggal jalan dan sebagian mengawal jalanya ritual Mubeng beteng.

Tradisi Mubeng Beteng merupakan tapa bisu yang dilakukan oleh Abdi Dalem Keraton Yogyakarta setiap malam 1 Suro sebagaimana penanggalan kalender Jawa. Tapa bisu ini dilakukan berjalan kaki mengelilingi benteng Keraton Yogyakarta saat malam hari tanpa berbicara alias membisu dan tidak mengenakan alas kaki.

Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Saiful Anwar, S.Sos., S.I.K., M.H. mengatakan bahwa pengamanan ini bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) selama berlangsungnya kegiatan Peringatan 1 Suro Mubeng Beteng Yogyakarta.

"Kami telah mengerahkan ratusan personil untuk mengamankan kegiatan ini. Personil kami ditempatkan di setiap titik yang dianggap rawan," kata Kombes Pol Saiful Anwar.

Kombes Pol Saiful Anwar juga mengimbau kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan Peringatan 1 Suro Mubeng Beteng Yogyakarta untuk tetap menjaga ketertiban dan keamanan.

"Mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama berlangsungnya kegiatan ini. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi," kata Kombes Pol Saiful Anwar.

Kegiatan Peringatan 1 Suro Mubeng Beteng Yogyakarta berlangsung lancar dan kondusif. Masyarakat yang mengikuti kegiatan ini juga tertib dan menjaga keamanan. (Humas Polresta Yogyakarta)
 

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top