Thursday 30 November 2023

Kapolsek Kotagede Hadiri Pengukuhan dan Pelantikan Jaga Warga Periode 2023-2026


Kapolsek Kotagede, AKP Basungkawa S.H, M.H., menghadiri Pengukuhan dan Pelantikan Jaga Warga periode 2023-2026 di Hotel Kalya, Rabu (29/11/23) pukul 20.00 WIB.


Dalam acara tersebut dihadiri oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede, Danramil Kotagede, Kasat Pol PP Kota Yogyakarta, Jawatan Keamanan Kemantren Kotagede, Lurah se-Kemantren Kotagede, dan Ketua Jaga Warga se-Kemantren Kotagede serta tokoh masyarakat dan tamu undangan.


Pelantikan dan pengukuhan Jaga Warga dilakukan oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede, Komaru Ma'arf S.I.P,M.Si, dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis Surat Keputusan (SK) Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 42 Tahun 2023 tentang Pembentukan Jaga Warga kepada masing-masing ketua Jaga Warga.


Dalam sambutannya, Mantri Pamong Praja Kemantren Kotagede menyampaikan selamat kepada seluruh pengurus Jaga Warga se-Kemantren Kotagede yang pada malam ini telah dilantik.


"Ini merupakan salah satu intruksi dari Sat Pol PP Provinsi DI. Yogyakarta. Dengan adanya Jaga Warga ini tentunya akan menguatkan peran-peran Linmas dan dengan dilantiknya Jaga Warga ini, diharapkan dapat bersinergi dengan Linmas yang ada di pedukuhan sehingga dapat memperkokoh kamtibmas di wilayah Kemantren Kotagede," ujarnya.


Selain itu, harapannya dengan hadirnya Jaga Warga ini dapat memberikan masukan dalam menyelesaikan persoalan yang ada di masyarakat. "Tidak semua permasalahan masuk ke ranah hukum, tetapi bisa diselesaikan dengan kearifan lokal," tambahnya.


Kapolsek Kotagede AKP Basungkawa S.H,M.H., dalam sambutannya memberikan selamat atas dilantiknya ketua dan pengurus Jaga Warga.


"Diharapkan dapat menjalani sinergitas dengan Polsek Kotagede, terutama dalam bidang Kamtibmas menjelang Pemilu 2024," ujarnya.


Setelah sambutan dari Kapolsek Kotagede, dilanjutkan sambutan dari Sat Pol PP Kota Yogyakarta selaku Kasi Bina Potensi Masyarakat yang menyampaikan tugas dan fungsi serta wewenang dari Jaga Warga.


Pada kesempatan tersebut, Kapolsek Kotagede juga memberikan pengarahan kepada para pengurus Jaga Warga. Ia berharap Jaga Warga dapat berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayahnya masing-masing.


"Jaga Warga harus mampu menjadi mitra Polri dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Selain itu, Jaga Warga juga harus mampu menjadi pelopor dalam pembangunan di wilayahnya masing-masing," pungkasnya. (Humas Polsek Kotagede)


Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top