Thursday 30 November 2023

Sosialisasi Pemulangan Napiter di Kampung Bintaran


Sosialisasi rencana kepulangan napiter Fajar dari Lapas Nusa Kambangan Jawa Tengah digelar di Masjid At-Tauhid Kampung Bintaran Mergangsan Kota Yogyakarta pada hari Rabu tanggal 29 November 2023.


Acara tersebut dihadiri oleh Kapolsek Mergangsan diwakili Panit 1 Binmas Ipda Dewa Ayu, Bhabinkamtibmas Wirogunan Bripka Ervan Wellis, Densus Polda D.I Yogyakarta, tokoh masyarakat dan warga setempat.


Dalam sambutannya, Kapolsek Mergangsan diwakili Ipda Dewa Ayu, menyampaikan bahwa sosialisasi ini diselenggarakan untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang rencana kepulangan Fajar.


"Kami berharap masyarakat dapat menerima dan merangkul Fajar agar dapat kembali ke masyarakat dan berkontribusi secara positif," kata Ipda Dewa Ayu.


Sementara itu, Tim Densus 88 Antiteror Polda DIY menyampaikan bahwa Fajar telah menjalani proses deradikalisasi di Lapas Nusa Kambangan dan telah dinyatakan siap untuk kembali ke masyarakat.


"Fajar telah menunjukkan komitmennya untuk meninggalkan paham radikal dan kembali ke jalan yang benar," kata perwakilan Tim Densus 88 Antiteror Polda DIY.


Acara sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan dialog antara masyarakat dan Tim Densus 88 Antiteror Polda DIY. Dalam dialog tersebut, masyarakat menyampaikan berbagai pertanyaan dan kekhawatiran mereka terkait kepulangan Fajar.


Tim Densus 88 Antiteror Polda DIY memberikan penjelasan dan menjawab berbagai pertanyaan masyarakat dengan sabar dan bijaksana.


Di akhir acara, masyarakat berjanji akan menerima dan merangkul Fajar agar dapat kembali ke masyarakat dan berkontribusi secara positif.


Peran masyarakat sangat penting dalam menghadapi napiter yang kembali ke masyarakat. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan masyarakat:


Hal pertama yang harus dilakukan adalah menerima dan merangkul napiter. Berikan mereka kesempatan untuk kembali ke masyarakat dan berintegrasi dengan lingkungannya.


Napiter membutuhkan dukungan dari masyarakat untuk dapat kembali ke jalan yang benar. Berikan dukungan moral dan materil kepadanya agar ia dapat memulai hidup baru.


Luangkan waktu untuk berkomunikasi dengan napiter. Dengarkan cerita mereka dan bantu mereka untuk memahami apa yang telah mereka lakukan.


Napiter membutuhkan bimbingan dan pendampingan untuk dapat beradaptasi dengan kehidupan di masyarakat. Berikan bimbingan dan pendampingan kepadanya agar ia dapat hidup secara normal.


Dengan peran aktif masyarakat, napiter dapat kembali ke masyarakat dan berkontribusi secara positif. (Humas Polsek Mergangsan)


Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top