Wednesday 29 November 2023

Wakapolsek Danurejan Hadiri Seminar Peringatan Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan


Wakapolsek Danurejan AKP Dwi Daryanto, S.H. M.IP beserta anggotanya menghadiri Seminar Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan dengan tema ‘Gerak Bersama Perangi Kekerasan’ yang diselenggarakan oleh DP3AP2KB Kota Yogyakarta di Ruang Bima Pemkot Kota Yogyakarta, Selasa, 28 November 2023.

 

Seminar tersebut dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk perwakilan dari pemerintah, masyarakat, dan organisasi perempuan.

 

Dalam sambutannya, Plt Kepala Dinas DP3AP2KB Kota Yogyakarta, Dra. Rini Rahmawati, M.M., mengatakan bahwa angka kekerasan terhadap perempuan dan anak di Kota Yogyakarta masih tinggi. Hingga bulan September 2023, telah terjadi kekerasan terhadap perempuan sebanyak 165 kasus, dan laki-laki sebanyak 31 kasus.

 

“Angka tersebut masih memprihatinkan, sebab dari ratusan kasus kekerasan yang paling banyak terjadi adalah kekerasan terhadap istri dengan bentuk kekerasan fisik,” kata Rini.

 

Ia berharap, seminar ini dapat mendorong berbagai pihak untuk berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak.

 

Dalam kesempatan yang sama, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemerintah Kota Yogyakarta, Yunianto Dwi Sutono, S.H., M.Si., mengatakan bahwa tidak hanya kekerasan yang harus ditekan, tetapi juga sikap dan tindakan diskriminatif terhadap perempuan.

 

“Dengan Peringatan Hari Anti Kekerasan terhadap Perempuan dan Anak, kita diharapkan dapat bersama-sama mewujudkan Kota Yogyakarta sebagai kota layak huni, aman, nyaman, dan berperspektif keadilan gender,” kata Yunianto.

 

Salah satu warga Wirobrajan, Wuri Astuti, S.Pd., yang juga merupakan Ketua Pokja 1 TP PKK Kota Yogyakarta, mengatakan bahwa upaya penurunan kekerasan terhadap perempuan dan anak tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga seluruh masyarakat.

 

“Mari bersama-sama membangun iklim yang kondusif untuk proses tumbuh kembang generasi kita,” kata Wuri.

 

Seminar Hari Anti Kekerasan Terhadap Perempuan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap perempuan dan anak. (Humas Polsek Danurejan)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top