Wednesday 22 November 2023

Pengukuhan Kelompok Jaga Warga Mergangsan: Sinergitas Polri-TNI-Masyarakat dalam Menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat


Pada hari Selasa, tanggal 21 November 2023, di Gedung Puri Dwipari Mergangsan Kota Yogyakarta, telah dilaksanakan acara Pengukuhan Kelompok Jaga Warga Tahun 2023-2026 yang diselenggarakan oleh Satpol PP Kota Yogyakarta.


Kegiatan ini dihadiri oleh PLT Kabid Tibumtranmas Satpol PP Kota Yogyakarta, Sekertaris Dinas Satuan Polisi Pamong Praja Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan, Kapolsek Mergangsan, Danramil Mergangsan, Kepala Jawatan Keamanan Kemantren Mergangsan, Lurah se-Kemantren Mergangsan Yogyakarta, Kepala Seksi Trantib se-Kemantren Mergangsan, 16 Kelompok Jaga Warga yang ada di Kemantren Mergangsan, Staff Bidang Tibumtranmas Satpol PP Kota Yogyakarta, dan Tamu Undangan sebanyak 125 orang.


Sebagai narasumber, Kapolsek Mergangsan, Kompol Sigit Ariyanto Adi, S.ST., M.M., menyampaikan bahwa Kemantren Mergangsan terdiri dari Kelurahan Keparakan, Kelurahan Wirogunan, dan Kelurahan Brontokusuman. Di wilayah tersebut terdapat 17 Kelompok Jaga Warga dengan jumlah total anggota sebanyak 125 orang.


Kapolsek mengucapkan terima kasih kepada warga Mergangsan yang telah hadir di acara Pengukuhan Kelompok Jaga Warga se-Kemantren Mergangsan. Beliau juga menyampaikan bahwa untuk menumbuhkan nilai kebudayaan luhur yang sudah ada, kita harus memberikan contoh yang baik terhadap anak cucu kita terkait nilai budaya luhur.


Kapolsek juga berharap bahwa dengan adanya pengukuhan Kelompok Jaga Warga, sinergitas antara Polri-TNI-Masyarakat dapat semakin kuat. Polri melalui Polisi RW yang telah ada di wilayah, akan bekerja sama dengan TNI dan masyarakat untuk menekan angka kriminalitas di wilayah Mergangsan.


Ketertiban umum dan ketentraman masyarakat adalah suatu keadaan dinamis yang memungkinkan dapat melakukan kegiatan dengan tentram, tertib, maupun teratur. Perlindungan masyarakat adalah suatu keadaan dinamis dimana warga masyarakat disiapkan dan dibekali pengetahuan serta ketrampilan untuk melaksanakan kegiatan penangangan bencana guna mengurangi, memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman, ketertiban masyarakat dan kegiatan sosial kemasyarakatan.


Jaga Warga berperan sebagai mitra pemerintah dalam rangka mewujudkan keterlindungan warga masyarakat. Jaga Warga berupaya melibatkan secara aktif seluruh komponen warga masyarakat dengan melakukan identifikasi masalah atau potensi sosial yang ada dan berupaya secara mandiri mencari solusi penyelesaiannya.


Jaga Warga diharapkan mampu melaksanakan fungsi deteksi dini dan cegah dini terkait gangguan dan ancaman keamanan, ketentraman, dan ketertiban sosial. Jaga Warga juga diharapkan mampu menjaga dan menumbuhkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan.


Pada akhir sambutannya, Kapolsek berharap agar angka kriminalitas maupun gangguan kamtibmas di daerah Yogyakarta khususnya wilayah Mergangsan akan turun bahkan zero. Beliau juga menghimbau kepada warga masyarakat Mergangsan agar selalu koordinasi dengan aparat keamanan guna terciptanya situasi yang kondusif.


Acara pengukuhan Kelompok Jaga Warga se-Kemantren Mergangsan dilanjutkan dengan pembacaan berita acara pengukuhan oleh Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan. Berita acara tersebut kemudian ditandatangani oleh Mantri Pamong Praja, Kapolsek Mergangsan, Danramil Mergangsan, dan perwakilan Kelompok Jaga Warga.


Dengan adanya pengukuhan Kelompok Jaga Warga ini, diharapkan dapat meningkatkan sinergitas Polri-TNI-Masyarakat dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Mergangsan. (Humas Polsek Mergangsan)


Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top