Wednesday 20 December 2023

Polsek Kotagede Gelar Talkshow Kamtibmas Jelang Pemilu dan Nataru


Polsek Kotagede kembali menggelar giat talkshow di Radio Retjo Buntung 99.4 FM Yogyakarta pada Rabu (20/12/2023). Acara talkshow yang bertajuk Bincang siang warta nada ini menghadirkan Kanit Binmas Polsek Kotagede Iptu Sugeng S.H dan Panit Lalulintas Polsek Kotagede Ipda Wantoko S.Sos.


Pada kesempatan pertama, masing-masing narasumber memperkenalkan diri serta memberikan gambaran secara umum tentang tugas pokok fungsi yang diembannya kepada para pendengar.


Kemudian, dengan dipandu oleh penyiar radio, sesi interaksi dengan para pendengar via telepon maupun SMS dibuka. Pada kesempatan tersebut, para narasumber memberikan tanggapan sekaligus himbauan terkait kamtibmas dan ketertiban berlalulintas.


Iptu Sugeng S.H menyampaikan bahwa situasi secara umum di wilayah Polsek Kotagede dalam keadaan aman kondusif. "Alhamdulillah, untuk wilayah Kotagede itu cukup aman kondusif untuk kriminalitas yang bersifat menonjol seperti kejahatan jalan dan lain sebagainya yang indikasinya menggunakan cara-cara kekerasan Alhamdulillah tidak ada," ujarnya.


Panit Binmas Ipda Wantoko S.Sos menambahkan bahwa kehadiran personil Polsek Kotagede di wilayah kemantren Kotagede bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman juga memberikan edukasi himbauan kamtibmas kepada warga masyarakat. "Kami juga dibantu oleh petugas jaga warga, jadi tugas-tugas kami di kepolisian bersinergi dengan rekan-rekan jaga warga menjadi lebih menjadi ringan," ungkapnya.


Pada sesi tanya jawab, salah satu warga pendengar radio Retjo Buntung, Bapak Rudi, menanyakan peran serta apa saja yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk membantu tugas kepolisian dalam menciptakan situasi keamanan yang aman.


Kanit Binmas Iptu Sugeng S.H menjawab bahwa ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh masyarakat untuk membantu tugas kepolisian. Misalnya, bergabung dengan komunitas pos kamling, tidak menyebarkan berita hoax, dan menjadi sumber informasi bagi kepolisian.


Di akhir acara, Kanit Binmas Iptu Sugeng S.H memberikan himbauan kepada masyarakat menjelang Pemilu 2024. "Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat kota Yogyakarta agar Pemilu sebagai pesta demokrasi ini kita tanggapi dengan senang hati karena namanya pesta kan tidak ada yang susah," ujarnya.


"Berkaitan dengan adanya perbedaan pilihan masing-masing kita itu dijamin oleh undang-undang itu adalah bagian dari pelaksanaan Pemilu di kota Jogjakarta bisa berjalan dengan aman," imbuhnya.


Kanit Binmas juga menghimbau agar masyarakat tidak menyebarkan berita hoax yang berkaitan dengan perbedaan pandangan politik. "Jangan sampai perbedaan pilihan itu ada ketersinggungan dengan masyarakat yang lain, kita harus saling menghargai saling menghormati kita anggap bahwa perbedaan pilihan itu adalah bagian dari keindahan," pungkasnya.


Pada saat yang sama, Panit Binmas Ipda Wantoko juga menghimbau agar masyarakat selalu mentaati peraturan lalulintas serta tertib dijalan raya serta tidak menggunakan knalpot brong. (Humas Polsek Kotagede)


Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top