Tuesday 2 April 2024

Bhabinkamtibmas Rejowinangun Evakuasi ODGJ yang Mengamuk


Bhabinkamtibmas Kelurahan Rejowinangun Aipda Bandang Setiawan, melakukan evakuasi terhadap seorang Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di Kampung Peleman, Rejowinangun, Kotagede, Yogyakarta, pada hari Senin, 1 April 2024.

 

Evakuasi dilakukan karena ODGJ tersebut sering mengamuk di rumahnya sehingga membuat masyarakat merasa resah. Masyarakat kemudian menghubungi Bhabinkamtibmas dan Puskesmas Kotagede 2 untuk membantu menenangkan ODGJ tersebut.

 

Aipda Bandang Setiawan dan timnya kemudian mendatangi rumah ODGJ tersebut dan berusaha menenangkannya. Setelah berhasil ditenangkan, Aipda Bandang Setiawan menghimbau kepada keluarga ODGJ untuk tetap tenang dan sabar dalam menghadapi situasi ini.

 

Setelah berunding dengan keluarga, ODGJ tersebut kemudian dievakuasi dan dirujuk ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Grhasia Yogyakarta. Aipda Bandang Setiawan juga turut mengawal pasien ODGJ untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan menuju RSJ Grhasia.

 

Keluarga pasien ODGJ sangat berterima kasih atas bantuan Bhabinkamtibmas yang dengan cepat merespon dan membawa pasien ke RSJ Grhasia.

 

Dalam kegiatan evakuasi tersebut, Aipda Bandang Setiawan dibantu oleh petugas dari Puskesmas Kotagede 2 dan seorang psikolog.

 

Evakuasi ODGJ ini merupakan salah satu bentuk upaya Bhabinkamtibmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayahnya. Dengan membantu ODGJ mendapatkan penanganan yang tepat, diharapkan dapat meminimalisir potensi terjadinya gangguan Kamtibmas. (Humas Polsek Kotagede)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

Latest News

Back to Top