Tuesday 23 April 2024

Mbok Mlayu: Semangat Kartini Berlari untuk Kesehatan dan Kebersamaan


Peringatan Hari Kartini tahun ini terasa semakin istimewa dengan diselenggarakannya event lari "Mbok Mlayu" di Alun-alun Sewandanan, Minggu pagi (21/4/2024). Event ini diikuti oleh ratusan perempuan dari berbagai komunitas, termasuk Ketua Bhayangkari Cabang Kota Yogyakarta Ibu Shita Aditya beserta anggotanya.

 

Mbok Mlayu menjadi simbol semangat Kartini di era modern. Para perempuan dari berbagai kalangan dan latar usia bersatu, berlari bersama, dan merayakan kekuatan perempuan dalam mewujudkan hidup yang sehat dan bahagia.

 

Wakil Ketua TP PKK DIY, GKBRAA Paku Alam X, menyampaikan bahwa Mbok Mlayu merupakan sebuah acara yang didedikasikan untuk memberikan apresiasi kepada seluruh perempuan hebat Jogja. "Semua perempuan berhak sehat dan bahagia," tegasnya.

 

Dipilihnya lari sebagai tema event ini karena olahraga ini mudah diakses dan dapat dilakukan oleh perempuan dari berbagai usia dan latar belakang. "Kami ingin mengkreasi event yang baik, menarik, dan membawa dampak positif bagi perempuan di manapun berada," jelas Gusti Putri.

 

Event Mbok Mlayu menyediakan tiga kategori untuk mengakomodasi berbagai tingkat kemampuan peserta, yaitu 10K lari, 5K lari, dan 2K jalan kaki. Kategori 10K bahkan mengajak para peserta untuk menjelajahi area Gembiraloka Zoo.

 

Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo, mengapresiasi Mbok Mlayu sebagai event yang inovatif dan bermanfaat. "Ini pertama kalinya di Kota Yogya, dan Mbok Mlayu juga bisa menjadi media promosi Kota Yogya sebagai spot wisata yang wajib dikunjungi," ujarnya.

 

Singgih berharap Mbok Mlayu dapat menginspirasi perempuan untuk menjaga hidup sehat dan terus berkarya. "Dengan hidup sehat, perempuan dapat beraktivitas sehari-hari dengan lebih maksimal," imbuhnya.

 

Ketua Bhayangkari Cabang Kota Yogyakarta, Ibu Shita Aditya, mengungkapkan bahwa Mbok Mlayu bukan hanya tentang berlari, tetapi juga tentang menyatukan jiwa dan raga. "Lari menjadi salah satu bagian gaya hidup sehat, termasuk bagi perempuan yang membutuhkan dukungan kesehatan fisik dan mental yang prima," tandasnya.

 

Mbok Mlayu bukan hanya sebuah event lari, tetapi juga sebuah manifestasi semangat Kartini yang tak lekang oleh waktu. Semangat untuk berkarya, untuk sehat, dan untuk saling mendukung sesama perempuan. Semangat yang terus berkobar di hati para perempuan Jogja, dan di seluruh Indonesia. (Humas Polresta Yogyakarta)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top