Tuesday 16 April 2024

Kapolresta Yogyakarta Dukung Program Balik Kerja Bareng BPKH untuk Lancarkan Arus Balik Lebaran


Kapolresta Yogyakarta diwakili oleh Kapolsek Umbulharjo AKP Wahyu Agha Ari Septyan S, S.I.K, menghadiri Pelepasan program Balik Kerja Bareng Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) pada Minggu pagi (14/4/2024) di Kompleks Balai Kota Yogyakarta.

 

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo melepas 11 rombongan bus yang akan menuju wilayah Jabodetabek. Program ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi kepadatan kendaraan pada momen arus balik Lebaran, sekaligus memberikan keringanan bagi warga Yogyakarta yang akan kembali merantau bekerja di wilayah Jabodetabek.

 

Pj Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo menyampaikan apresiasi atas program Balik Kerja Bareng BPKH. Menurutnya, program ini dapat membantu mengurangi kemacetan saat arus balik Lebaran.

 

"Kami sangat mengapresiasi program ini yang tentunya bisa menjadi salah satu cara untuk mengurangi kemacetan saat arus balik lebaran. Karena kalau dihitung-hitung 6 sampai 7 penumpang kendaraan pribadi bisa muat dalam 1 bus. Selain itu juga bisa menghemat penggunaan BBM selama arus balik," jelas Pj Wali Kota Yogyakarta Singgih Raharjo.

 

Beliau juga berharap program ini dapat mempererat silaturahmi antar warga Yogyakarta yang merantau di wilayah Jabodetabek. Selain itu, momen arus balik diharapkan juga dapat mendatangkan pendapatan bagi UMKM dengan beragam produk oleh-oleh khas Yogyakarta.

 

Perwakilan dari BPKH, Sulistyowati, menjelaskan bahwa program Balik Kerja 2024 ini dilaksanakan di 4 kota, yaitu Semarang, Surabaya, Solo, dan Yogyakarta. Total 81 bus disiapkan untuk mengangkut sekitar 3.600 penumpang. Tiap kota disediakan 20 bus, khusus Yogyakarta 21 bus yang pemberangkatannya dibagi dalam dua kloter, yaitu 11 bus pada kloter pertama dan 10 bus pada kloter kedua.

 

"Kegiatan ini diadakan menggunakan dana abadi kemaslahatan umat, yang kami kelola dan kembangkan untuk kegiatan sosial keagamaan seperti program Balik Kerja. Karena program mudik bareng sudah banyak dilakukan Kementerian dan Perusahaan, maka Balik Kerja ini hadir untuk meringankan biaya kembali ke perantauan setelah THR yang dimiliki sudah digunakan di kampung halaman," jelasnya.

 

Sulistyowati menambahkan bahwa selain transportasi bus yang nyaman, program ini juga menyediakan fasilitas lain seperti kaus seragam untuk kerapihan dan kemudahan identifikasi rombongan, suvenir, serta sarapan dan makan siang.

 

Kapolsek Umbulharjo, menyampaikan dukungan penuh terhadap program Balik Kerja Bareng BPKH. Beliau berharap program ini dapat berjalan dengan lancar dan aman.

 

"Kami dari Polresta Yogyakarta siap mendukung kelancaran program Balik Kerja Bareng BPKH ini. Beliau menghimbau kepada para sopir dan penumpang untuk selalu mematuhi peraturan lalu lintas dan menjaga barang bawaan selama perjalanan. Semoga selamat sampai tujuan. (Humas Polresta Yogyakarta)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top