Wednesday 3 April 2024

Siap Amankan Mudik dan Lebaran, Polresta Yogyakarta Gelar Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2024


Penjabat Wali Kota Yogyakarta, Singgih Raharjo memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo Tahun 2024 di Balai Kota Yogyakarta pada hari Rabu (3/4/24).

 

Apel ini dihadiri oleh sejumlah pejabat Forkompinda Kota Yogyakarta, TNI/Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD, Paksi Katon, Senkom, PMI, Toga, Tomas, dan Saka Bhayangkara.

 

Singgih mengatakan bahwa apel ini merupakan bagian dari kesiapan untuk pengamanan dan memastikan kelancaran selama libur lebaran dan Hari Raya Idulfitri.

 

"Kami telah berkoordinasi dengan Polresta, Kodim 0734 serta stakeholder terkait untuk memastikan semuanya sudah siap untuk bertugas, dalam menjaga kelancaran dan keamanan semasa libur lebaran di wilayah Kota Yogya," terangnya.

 

Singgih menambahkan bahwa pihaknya telah melakukan simulasi terkait rekaya lalu lintas di sekitaran Jalan Malioboro untuk menghindari kepadatan kendaraan. Termasuk dengan menerapkan car free night di sepanjang Jalan Malioboro.

 

"Kemarin kami sudah lakukan simulasi untuk rekayasa lalu di seputaran Jalan Malioboro. Intinya akan kami lakukan buka tutup ketika situasi memang mengharuskan untuk menjaga kelancaran arus lalu lintas," tambahnya.

 

Sementara itu, Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol. Aditya Surya Dharma menyampaikan, ada sebanyak 560 personil dari Polresta yang akan diturunkan untuk bertugas dalam menjaga keamanan dan kelancaran pada momen Hari Raya Idulfitri 2024.

 

"Kami telah berkoodinasi dan juga ini kolaborasi bersama Pemkot, TNI dan pihak terkait untuk bertugas sesuai tugas pokok dan fungsingnya yang tergabung dalam Pos Terpadu yaitu di Pos Teteg Malioboro. Kemudian juga ada Pos Pengamanan Tugu Yogyakarta, Titik 0 KM, serta Pos Bonbin atau Gembira Loka," jelasnya.

 

Pihak kepolisian juga akan melakukan patroli secara rutin untuk menertibkan situasi dan memberikan edukasi mengenai keselamatan di jalan, terutama menjelang malam takbiran. Keselamatan pemudik dan keselamatan pengguna jalan lainnya menjadi prioritas utama dalam operasi ini.  (Humas Polresta Yogyakarta)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top