Thursday 11 April 2024

Kapolresta Yogyakarta Cek Pengamanan Grebeg Syawal, Pastikan Kelancaran dan Keamanan


Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Aditya Surya Dharma., S.I.K., M.H. didampingi Wakapolresta dan para Pejabat Utama (PJU) terjun langsung ke lapangan untuk mengecek pelaksanaan pengamanan Upacara Adat Grebeg Syawal 1445 H Keraton Yogyakarta pada hari Kamis (11/4/24).

 

Kapolresta Yogyakarta mengatakan bahwa pengamanan Upacara Adat Grebeg Syawal 1445 H ini merupakan salah satu kegiatan prioritas Polresta Yogyakarta dalam rangka menjaga keamanan dan kelancaran perayaan Hari Raya Idul Fitri 1445 H di wilayah Yogyakarta.

 

"Kami menerjunkan ratusan personel untuk mengamankan Upacara Adat Grebeg Syawal 1445 H ini. Personel tersebut ditempatkan di berbagai titik lokasi, mulai dari Keraton Yogyakarta, Masjid Gede Kauman, hingga sepanjang rute kirab gunungan," kata Kombes Pol Aditya Surya Dharma.

 

Kapolresta Yogyakarta menambahkan bahwa kami juga telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait, seperti TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, untuk memastikan kelancaran dan keamanan Upacara Adat Grebeg Syawal 1445 H ini.

 

"Kami berharap dengan pengamanan yang maksimal ini, Upacara Adat Grebeg Syawal 1445 H dapat berjalan dengan lancar dan aman tanpa ada gangguan apapun," ujar Kombes Pol Aditya Surya Dharma.

 

Pada Garebeg Sawal tahun ini, Kraton Yogyakarta menyediakan lima jenis gunungan, yakni dua Gunungan Kakung, satu Gunungan Estri, satu Gunungan Gepak, satu Gunungan Darat, dan satu Gunungan Pawuhan untuk dibagikan kepada masyarakat dan kerabat.

 

Kirab diawali dengan mengeluarkan gunungan dari Bangsal Pancaniti dan diarak melalui rute Regol Brajanala-Sitihinggil Lor-Pagelaran menuju Masjid Gedhe Kraton Jogja di Kauman.

 

Kompleks Kamandhungan Kidul, Kemagangan, Kedhaton, dan Kamandungan Lor ditutup untuk umum selama acara berlangsung.

 

Namun, masyarakat dapat menyaksikan upacara di Bangsal Pagelaran dan halaman Masjid Gedhe Kraton. Masyarakat juga dapat berpartisipasi mendapatkan bagian gunungan di Pelataran Masjid Gedhe dan Pura Pakualaman.

 

Selain itu, sejumlah 50 ubarampe gunungan akan dibagikan di Kompleks Kepatihan dan Ndalem Mangkubumen.

 

Ndalem Mangkubumen menjadi lokasi pembagian ubarampe gunungan berdasarkan kajian sejarah. Pareden gunungan yang dibagikan merupakan bagian dari enam gunungan yang ada, dengan satu gunungan didoakan terlebih dahulu di Masjid Gedhe. Pada akhirnya, gunungan diserahkan kepada masyarakat oleh Utusan Dalem yang dikawal oleh bregada tertentu. (Humas Polresta Yogyakarta)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top