Wednesday 10 April 2024

Ratusan Personil Amankan Festival Takbir Keliling Mergangsan 2024


Ratusan personil gabungan Polresta Yogyakarta dan jajaran Polsek dibantu instansi terkait mengamankan Festival Takbir Keliling Mergangsan 2024 yang digelar di halaman Museum Perjuangan pada Selasa (9/4/24) malam. Acara ini diinisiasi oleh Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Mergangsan.

 

Festival Takbir Keliling ini tidak hanya sebagai sarana syiar Islam, tetapi juga menjadi bagian dari kebudayaan yang harus dilestarikan oleh masyarakat Yogyakarta.

 

Kapolresta Yogyakarta Kombes Pol Aditya Surya Dharma SIk, MH, memimpin langsung pengamanan festival ini menyampaikan personil ditempatkan di sepanjang rute dimulai di halaman Museum Perjuangan, lalu berjalan menuju Jalan Kolonel Sugiono, Jalan Parangtritis, dan berakhir di Jalan Menukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban.

 

Sebanyak 21 kontingen dari perwakilan masjid mengikuti festival ini. Mereka menunjukkan aksi terbaiknya dengan mempertunjukkan berbagai lampion, replika masjid, tarian, dan tabuhan musik tradisional yang diiringi gema takbir.

 

Sementara itu, Ketua PHBI Mergangsan, Samsudin, menjelaskan bahwa festival ini bertujuan untuk mengagungkan dan meningkatkan kecintaan terhadap Allah SWT, serta memberikan wadah bagi anak-anak untuk mengembangkan kreatifitas dan pola fikir maju.

 

"Tema festival tahun ini adalah Peranan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dalam Pengembangan Islam. Diharapkan para generasi muda selalu memiliki rasa ingin tahu untuk mengetahui sesuatu dan mengembangkan sesuatu di dalam ilmu pengetahuan agar mampu menjadi umat yang berpikir," jelas Samsudin.

 

Festival Takbir Keliling Mergangsan 2024 ini memperebutkan piala bergilir Gubernur DIY untuk juara satu, piala Walikota untuk juara dua, dan piala Mantri Pamong Praja Mergangsan untuk juara tiga.

 

Beberapa kriteria penilaian dalam kompetisi ini antara lain bagian takbir, musik, kostum, lampion, lampion maskot, barisan, dan display.

 

"Kategori lain juga ada yang merupakan kategori hiburan antara lain kontingen terfavorit, pemegang nomor terfavorit, dan mayoret terfavorit serta, akan dipilih juga bilal takbir terbaik," imbuh Samsudin.

 

Festival Takbir Keliling Mergangsan 2024 berlangsung dengan aman dan tertib. (Humas Polresta Yogyakarta)

Show comments
Hide comments
No comments:
Write comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *



Back to Top